Belajar Cara Belajar (Learning How To Learn)
Hai man-teman ketemu lagi kita di NHW #5 yang semakin seru dan menantang,
belajar cara belajar. Judul yang simple dan langsung mengena, belajar tidak
hanya sekedar belajar tetapi belajar bagaimana caranya kita belajar. Karena hal
ini sangat bermanfaat untuk kita lebih mengimplementasikan kurikulum yang telah
kita buat di NHW #4 kita kemarin.
.
Baiklah, mari kita masuk ke NHW #5, yaitu membuat Design Pembelajaran ala
kita. Pada keterangan NHW #5 tidak ada aturan baku, kita bebas membuat Design
Pembelajaran ini, bisa dari buah pikiran kita sendiri sehingga memunculkan
design pembelajaran yang aku banget atau mau dibuat macam RPP Silabus kayak
perangkat guru-guru jaman sekarang juga boleh. Intinya sih design pembelajaran
memudahkan kita dalam proses untuk belajar itu sendiri, karena kita akan tahu
pasti langkah demi langkah yang kita lalui untuk mencapai tujuan dalam
ilmu-ilmu yang kita dalami.
.
Design Pembelajaran adalah praktik penyusunan media teknologi komunikasi
dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif
antara guru dan peserta didik. Atau bisa diartikan keseluruhan, struktur,
kerangka atau outline dan urutan atau sistematika kegiatan (Gagnon dan Collay,
2001). Secara garis besar desain pembelajaran terdiri dari 5 langkah penting,
yaitu :
- Analisi lingkungan dan kebutuhan belajar siswa
- Merancang spesifikasi proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta sesuai dengan lingkungan dan kebutuhan belajar siswa
- Mengembangkan bahan-bahan untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran
- Implementasi desain pembelajaran
- Implementasi evaluasi formatif dan sumatif terhadap pembelajaran
.
Cerita sedikit ya, jadi saya
terlahir dari keluarga pendidik. Ayah saya seorang karyawan dibidang kontraktor
design interior dan ibu saya adalah seorang guru. Sejak kecil, ibu yang guru
tidak hanya menerapkan ilmunya di sekolah, tetapi juga dirumah. Saya dan adik
benar-benar diajar untuk disiplin, tanggungjawab dan juga berpikir sistematis. Saya
juga sering baca dan bahkan sering dimintai tolong ibuk untuk ngetik RPP dan
Silabus untuk Design Pembelajarannya. Tapi, pas dapat NHW #5 kali ini langsung
ngeblank, aku mau ngapain sih??hahaha... Buka-buka google eh lakok ada banyak
ya design pembelajarannya, metode a , b, c, d sampe z tinggal milih mau pake
yang mana.
.
Terus WA ibuk minta contoh design pembelajarannya, siapa tau bisa dapet
wangsit dari situ kan ya. Eh beneran donk dikirimin RPP sama silabus,
kutakpaham ini piye kok tambah mumet deskripsi ne dowo. Tapi ya setidaknya
sudah ada sedikit gambaran bikin design pembelajaran yang cocok sama aq tuh
kayak gimana. Oret-oret di kertas trus tulis di notes hp seluangnya, mulai dek
bikin.
.
Bismilah...berikut saya coba membuat Design Pembelajaran ala saya untuk memudahkan
dalam mencari dan menguasai ilmu kehidupan. Di NHW #1 dan #4 kemarin
saya sudah menentukan untuk mengambil jurusan Ilmu Management Keluarga. Untuk memudahkan dalam menjelaskan tentang design
pembelajaran ala saya, berikut saya buat bagannya.
.
SIAPA
Saya yang akan belajar, sebagai seorang pribadi, istri dan ibu.
TUJUAN
-
Menjadi
pribadi yang sholehah dan senantiasa bertaqwa kepada Allah
-
Menjadi
istri dan ibu yang bahagia
-
Mampu
mengatur rumah tangga dengan baik
-
Menjadi
pengajar yang baik untuk anak-anak saya
-
Mampu
mengetahui minat dan bakat anak-anak
.
Untuk item Analisa sampai sumber belajar jelasnya saya tuangkan dalam bagan
berikut ini :
ANALISA
Analisa adalah proses menganalisis topik/materi yang akan dipelajari.
Karena saya memilih untuk mempelajari ilmu Management Keluarga, sehingga perlu
lebih mendetail lagi sub-sub yang akan dipelajari. Sehingga perlu kita bagi
menjadi agama, managemen keuangan, parenting dan terakhir keterampilan rumah tangga.
STRATEGI
Strategi Pembelajaran dapat dilakukan secara makro dan mikro dalam setiap
sub ilmu yang akan dipelajari. Saya buat strategi ini masih secara makro,
insyallah nanti setelah berjalan dan paham ritme belajarnya akan saya detailkan
lagi dalam strategi mikro juga. Strategi makro seperti yang tercantum di bagan
diatas.
BAHAN AJAR
Bahan ajar adalah format materi yang akan dipelajari, bahan ajar ini adalah
penjabaran / detail dari masing-masing sub ilmu yang ada. Seperti misalnya saya
akan mempelajari ilmu agama, dalam bahan ajar meliputi ilmu untuk ibadah wajib
dan sunah, ilmu fiqih dan ilmu tauhid.
PENILAIAN
Penilaian adalah tentang pengukuran kemampuan atau kompetensi yang sudah
dikuasai atau belum. Sehingga target evaluasi penilaian saya ada yang 3 bulanan
dan ada yang 6 bulanan.
ALOKASI WAKTU
Alokasi waktu adalah waktu minimal yang kita sediakan dan kita sepakati
untuk menuntut ilmu. Dari masing-masing sub ada yang bisa kita pelajari kapan
saja dan dimana saja, dan ada yang membutuhkan waktu tertentu
SUMBER BELAJAR
Sumber belajar ini merupakan media-media yang bisa kita gunakan untuk
mencari ilmu. Sumber belajar setiap orang berbeda-beda sesuai dengan leadaan
masing-masing. Nah, karena saya bekerja di ranah publik dan domestik, sumber
belajar yang saya pilih kebanyakan memang berasal dari internet dan semacamnya.
.
Demikianlah kira-kira Design Pembelajaran ala saya, semoga kedepannya bisa
memudahkan saya khusunya dalam mencari ilmu. Sebelum saya membuat design
pembelajaran untuk anak saya, lebih dahulu saya kerjakan design pembelajaran
untuk saya sendiri.
.
.
.
cue_dil
02032019
Telat mengerjakan karena jumat saya fokus mengurus anak yang tidak enak
badan
Silabus dan RPP Ilmu Pengetahuan Sosial SMPN 3 Nganjuk 2018-2019 - Sri Sudewi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar