Sabtu, 02 Maret 2019

Aldila_NHW #5


Belajar Cara Belajar (Learning How To Learn)



Hai man-teman ketemu lagi kita di NHW #5 yang semakin seru dan menantang, belajar cara belajar. Judul yang simple dan langsung mengena, belajar tidak hanya sekedar belajar tetapi belajar bagaimana caranya kita belajar. Karena hal ini sangat bermanfaat untuk kita lebih mengimplementasikan kurikulum yang telah kita buat di NHW #4 kita kemarin.
.
Baiklah, mari kita masuk ke NHW #5, yaitu membuat Design Pembelajaran ala kita. Pada keterangan NHW #5 tidak ada aturan baku, kita bebas membuat Design Pembelajaran ini, bisa dari buah pikiran kita sendiri sehingga memunculkan design pembelajaran yang aku banget atau mau dibuat macam RPP Silabus kayak perangkat guru-guru jaman sekarang juga boleh. Intinya sih design pembelajaran memudahkan kita dalam proses untuk belajar itu sendiri, karena kita akan tahu pasti langkah demi langkah yang kita lalui untuk mencapai tujuan dalam ilmu-ilmu yang kita dalami.



.
Design Pembelajaran adalah praktik penyusunan media teknologi komunikasi dan isi untuk membantu agar dapat terjadi transfer pengetahuan secara efektif antara guru dan peserta didik. Atau bisa diartikan keseluruhan, struktur, kerangka atau outline dan urutan atau sistematika kegiatan (Gagnon dan Collay, 2001). Secara garis besar desain pembelajaran terdiri dari 5 langkah penting, yaitu :
  • Analisi lingkungan dan kebutuhan belajar siswa
  • Merancang spesifikasi proses pembelajaran yang efektif dan efisien serta sesuai dengan lingkungan dan kebutuhan belajar siswa
  • Mengembangkan bahan-bahan untuk digunakan dalam kegiatan pembelajaran
  • Implementasi desain pembelajaran
  • Implementasi evaluasi formatif dan sumatif terhadap pembelajaran

.
Cerita sedikit ya, jadi saya terlahir dari keluarga pendidik. Ayah saya seorang karyawan dibidang kontraktor design interior dan ibu saya adalah seorang guru. Sejak kecil, ibu yang guru tidak hanya menerapkan ilmunya di sekolah, tetapi juga dirumah. Saya dan adik benar-benar diajar untuk disiplin, tanggungjawab dan juga berpikir sistematis. Saya juga sering baca dan bahkan sering dimintai tolong ibuk untuk ngetik RPP dan Silabus untuk Design Pembelajarannya. Tapi, pas dapat NHW #5 kali ini langsung ngeblank, aku mau ngapain sih??hahaha... Buka-buka google eh lakok ada banyak ya design pembelajarannya, metode a , b, c, d sampe z tinggal milih mau pake yang mana.
.
Terus WA ibuk minta contoh design pembelajarannya, siapa tau bisa dapet wangsit dari situ kan ya. Eh beneran donk dikirimin RPP sama silabus, kutakpaham ini piye kok tambah mumet deskripsi ne dowo. Tapi ya setidaknya sudah ada sedikit gambaran bikin design pembelajaran yang cocok sama aq tuh kayak gimana. Oret-oret di kertas trus tulis di notes hp seluangnya, mulai dek bikin.
.
Bismilah...berikut saya coba membuat Design Pembelajaran ala saya untuk memudahkan dalam mencari dan menguasai ilmu kehidupan. Di NHW #1 dan #4 kemarin saya sudah menentukan untuk mengambil jurusan Ilmu Management Keluarga. Untuk memudahkan dalam menjelaskan tentang design pembelajaran ala saya, berikut saya buat bagannya.



.
SIAPA
Saya yang akan belajar, sebagai seorang pribadi, istri dan ibu.

TUJUAN
-          Menjadi pribadi yang sholehah dan senantiasa bertaqwa kepada Allah
-          Menjadi istri dan ibu yang bahagia
-          Mampu mengatur rumah tangga dengan baik
-          Menjadi pengajar yang baik untuk anak-anak saya
-          Mampu mengetahui minat dan bakat anak-anak
.
Untuk item Analisa sampai sumber belajar jelasnya saya tuangkan dalam bagan berikut ini :



ANALISA
Analisa adalah proses menganalisis topik/materi yang akan dipelajari. Karena saya memilih untuk mempelajari ilmu Management Keluarga, sehingga perlu lebih mendetail lagi sub-sub yang akan dipelajari. Sehingga perlu kita bagi menjadi agama, managemen keuangan, parenting dan terakhir keterampilan rumah tangga.

STRATEGI
Strategi Pembelajaran dapat dilakukan secara makro dan mikro dalam setiap sub ilmu yang akan dipelajari. Saya buat strategi ini masih secara makro, insyallah nanti setelah berjalan dan paham ritme belajarnya akan saya detailkan lagi dalam strategi mikro juga. Strategi makro seperti yang tercantum di bagan diatas.

BAHAN AJAR
Bahan ajar adalah format materi yang akan dipelajari, bahan ajar ini adalah penjabaran / detail dari masing-masing sub ilmu yang ada. Seperti misalnya saya akan mempelajari ilmu agama, dalam bahan ajar meliputi ilmu untuk ibadah wajib dan sunah, ilmu fiqih dan ilmu tauhid.

PENILAIAN
Penilaian adalah tentang pengukuran kemampuan atau kompetensi yang sudah dikuasai atau belum. Sehingga target evaluasi penilaian saya ada yang 3 bulanan dan ada yang 6 bulanan.

ALOKASI WAKTU
Alokasi waktu adalah waktu minimal yang kita sediakan dan kita sepakati untuk menuntut ilmu. Dari masing-masing sub ada yang bisa kita pelajari kapan saja dan dimana saja, dan ada yang membutuhkan waktu tertentu

SUMBER BELAJAR
Sumber belajar ini merupakan media-media yang bisa kita gunakan untuk mencari ilmu. Sumber belajar setiap orang berbeda-beda sesuai dengan leadaan masing-masing. Nah, karena saya bekerja di ranah publik dan domestik, sumber belajar yang saya pilih kebanyakan memang berasal dari internet dan semacamnya.
.
Demikianlah kira-kira Design Pembelajaran ala saya, semoga kedepannya bisa memudahkan saya khusunya dalam mencari ilmu. Sebelum saya membuat design pembelajaran untuk anak saya, lebih dahulu saya kerjakan design pembelajaran untuk saya sendiri.
.
.
.
cue_dil
02032019
Telat mengerjakan karena jumat saya fokus mengurus anak yang tidak enak badan









Sumber bacaan :
Silabus dan RPP Ilmu Pengetahuan Sosial SMPN 3 Nganjuk 2018-2019 - Sri Sudewi




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tahap Kupu-Kupu : Jurnal Ketujuh

Tahap Kupu-Kupu : Jurnal Pekan Ketujuh Surat Untuk Mentor Surat Untuk Mente 1 ...